Keras Aspan Semasa Pj direalisasikan Kemensos, 760 Yatim Piatu Tebo, Terima Santunan Selama Setahun

TEBO Pemerintah pusat melalui Kementerian sosial (Kemensos RI) sejak Januari 2024 ini telah merealisasikan bantuan untuk 760 anak yatim piatu (YAPI) yang diusulkan pada,... tahun 2023 lalu dimasa Penjabat (Pj) Bupati Tebo H Aspan oleh dinas sosial (Dinsos) pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (P2PA) Kabupaten Tebo,.. Kadinsos Kab Tebo melalui Kabid rehabilitasi sosial (Rehsos) Zaitun, menjelaskan, dari 760 orang anak YAPI yang diusulkan ke Kemensos pada tahun 2023 lalu beberapa diantaranya sudah di salurkan kepada pihak penerima " Hingga saat ini setidaknya sudah ada 86 orang anak YAPI telah menerima bantuan dari Kemensos,"ujar Zaitun, Jum'at 27 September 2024. Zaitun melanjutkan, nilai bantuan yang di berikan oleh Kemensos atau diterima oleh anak-anak YAPI adalah sebesar Rp200 ribu setiap bulan selama satu tahun kedepan, "katanya. Bantuan tersebut ujar Zaitun, di salurkan langsung kepada setiap anak-anak YAPI/penerima melalui bank yang di tunjuk yaitu BNI d

" Keumala Hayati " Panglima Laut Wanita yg Menggetarkan Nyali Penjajah " !!

 

Alt text
" KRI Malahayati-362 Koarmada II sebagai diabadikan dalam nama Kapal Perang,tanda penghormatan bagi jasa pahlawan wanita Indonesia yg bernama "' Keumala Hayati "


Alt text
" Keumala Hayati " Pahlawan Nasional wanita Indonesia yg di nobatkan tahun 2017., " menang dalam duel sengit melawan komandan pasukan Belanda diatas kapal "


Dalam memperingati hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 mei lalu, rasanya sangat perlu kita  mengingat kembali kisah perjuangan para pahlawan kita yang sangat heroik.

Dan kali ini kita akan menceritakan kan satu kisah hebat dan mengagumkan dari pahlawan Nasional wanita,seorang,..

perempuan pemberani dalam menentang ke kejahatan dan licik nya para penjajah,...dia bernama " Keumala Hayati" .

Pada tahun 2017 tanggal 6 November lalu , PEMERINTAH INDONESIA telah menetapkan Laksamana Keumala hayati mendapat Gelar Pahlawan Nasional.

hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/TK/Tahun 2017,..

dikutip dari berbagai sumber, Keumala hayati seorang perempuan dengan jiwa keprajuritan yang tinggi. Ayahnya,..

Laksamana Mahmud Syah merupakan keturunan dari pendiri Kesultanan Aceh Darussalam, Sultan Ibrahim Ali Mughayat Syah.

Nama aslinya adalah Keumala Hayati, putri dari Laksamana Muhammad Said Syah. Kakeknya bernama Laksamana Muhammad Said Syah, putra dari,..

Sultan Salahuddin yang memerintah Kesultanan Aceh Darussalam sekitar 1530-1539.

lalu di kutip dari koransulindo.com, Menurut Cut Rizka Al Usrah dari Universitas Negeri Medan dia menceritakan :

“ Berdasarkan hasil studi pustaka, diketahui bahwa Laksamana Keumala hayati merupakan laksamana perempuan pertama di dunia modern,..dan dia juga pernah menjabat,..

Diplomat, Komandan Protokol Istana Darut Dunia, Kepala Badan Rahasia Kerajaan serta mendapatkan julukan sebagai " Guardian of The Acheh Kingdom " luar biasa !!.

Ditambahkan nya Fakta sejarah menunjukkan bahwa negara-negara besar baik di Eropa maupun Amerika Serikat tidak pernah memiliki Laksamana laut wanita hebat seperti " Keumala Hayati ” bahkan,..

dikutip dari okezone.com Laksamana Malahayati juga menjadi orang yang menerima duta utusan Ratu Elizabeth I dari Inggris. Melalui surat yang diantar,...

Lancaster, Ratu Elizabeth I meminta izin untuk berdagang di ' Serambi Mekah ' sekaligus memohon perlindungan,..

dan memang di akui mereka tidak pernah mempunyai panglima laut wanita yang hebat seperti Mala hayati ini.

dikutip dari koransulindo.com , Keumala hayati Pernah memimpin 2.000 orang pasukan Perempuan (' Inong Balee ' ), pahlawan Nasional wanita ini juga,..

berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda, tanggal 11 September 1599 sekaligus,...

Keumala Hayati berhasil membunuh komandan pasukan laut Belanda, Cornelis de Houtman dalam pertempuran sengit dalam Duel satu lawan satu di atas geladak kapal perang, sungguh mengagumkan !!.

kembali di kutip dari koransulindo.com, Cornelis de Houtman tercatat merupakan orang pertama yang menjejakkan kaki di Nusantara, Ia datang,..

bersama adiknya, Frederik. Pada awalnya kedatangan mereka,...

Ke Nusantara dengan baik-baik, namun lama-lama bersikap berkhianat, lalu  Kemudian Sultan Aceh menugaskan Laksamana Keumala hayati untuk mengusir mereka.

Namun takdir berkata lain,..Perjuangan Laksamana Keumala hayati yang gigih melawan penjajah Belanda dan Portugis, bersama,..

pasukan perempuan ( " Inong Balee " ) harus terhenti pada tahun 1606,..

Saat pertempuran sengit kala itu, melawan armada Portugis di perairan Selat Malaka, Laksamana Keumala hayati telah gugur,..

dalam pertempuran laut itu sebagai Pahlawan pembela bangsa.

dikutip dari berbagai sumber, kemudian Jasad Laksamana Keumala hayati kemudian dimakamkan di di puncak bukit kecil di, .

sebelah utara Desa Lamreh, Kecamatan Majid Raya, Kabupaten Aceh Besar, sekitar 35 kilometer dari ibu kota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,..

sebagai bentuk penghormatan bagi jasa jasa perjuangan Laksamana laut wanita  Keumala Hayati,..

namanya di abadikan dalam Kapal perang KRI Mala hayati ,nama jalan dan sebagainya,dan informasinya ,..

kisah Laksamana Keumala Hayati ini akan di film kan ,kita tunggu saja.

(infoterbaikdunia.blogspot.com.)

Sumber Referensi : 

Koransulindo.com." Malahayati: Laksamana Perang Wanita dari Tanah Rencong " ( online) sejarah.di posting 11 Januar 2023.

Merdeka.com " Menilik Kisah Malahayati, Laksamana Wanita Pertama Dunia Asal Aceh Disegani Barat " ( online),di posting 5 November 2020. Jam. 13.54.

Okezone com." 3 Pahlawan Wanita yang Gugur di Tangan Penjajah, Salah Satunya Cut Meutia " ( online).13 Agustus 2022. Di posting jam 06 38.



Comments